Hari Wayang Sedunia, Sanggar Ki Wartoyo Boyolali Gelar Festival Dalang Bocah

Siswa taman kanak-kanak hingga sekolah dasar dari berbagai daerah di Pulau Jawa mengikuti Festival Dalang Bocah 2022 pada Sabtu hingga Minggu (5-6/11/22).

Pergelaran itu digelar di Sanggar Sedulur Ki Wartoyo Langgeng (SKWL) Nusantara di Dusun Bulu, Tegalgiri, Nogosari, Boyolali untuk memperingati Hari Wayang Dunia.

Ketua panitia sekaligus pemilik sanggar SKWL Nusantara Ki Gondo Wartoyo mengatakan, festival Dalang Bocah 2022 ini baru pertama kali pertama digelar oleh pihaknya.

“Ini ditujukan untuk mengenalkan seni wayang kulit kepada masyarakat, khususnya anak-anak. Kami berharap dengan digelar festival dalang bocah ini, seni budaya wayang semakin berkembang,” kata Ki Gondo, Seperti dilansir dari boyolali.go.id (8/11)

Ia mengatakan bahwa festival dalang bocah diikuti oleh 23 anak usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Peserta juga berasal dari lintas provinsi dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Lebih lanjut Wartoyo menjelaskan, pihaknya berharap kepada para pemenang semoga tetap terus belajar dan terus mencintai wayang.

“Untuk juara 1 adalah Clara Aunta Yuti dari Sukoharjo. Kemudian juara 2 Hafidz Zidan Saputra juga dari Kabupaten Sukoharjo. Juara 3 Dhanur Probo Kusumo dari Wonogiri. Dan m harapan 1 Fatah Kevin Turhistira asal Demak, harapan 2 Radite Hanung P dari Boyolali,” paparnya.

Wartoyo juga merasa kagum dengan penampilan para peserta festival dalang bocah. Meski masih anak anak kebolehan di atas panggung sangat menakjubkan.

“Saya heran sekali itu mas, meski masih usia maksimal 13 tahun. Dalang-dalang cilik tersebut sangat lincah memainkan wayang dan membawakan ceritanya,” jelasnya.

Wartoyo juga berpesan kepada orang tua, agar terus melatih anaknya dalam melestarikan budaya dan seni. Terutama pada seni wayang dan pedalangan.