FKSDI

Forum Komunikasi Seniman Dalang Indonesia (FKSDI) adalah sebuah organisasi atau wadah yang menghimpun dan memfasilitasi para seniman dalang dari berbagai wilayah di Indonesia. FKSDI bertujuan untuk mempromosikan, memperkuat, dan memajukan seni wayang kulit tradisional dalam konteks budaya Indonesia.

FKSDI memberikan platform bagi para seniman dalang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide mereka. Melalui pertemuan rutin, lokakarya, diskusi, dan kolaborasi, FKSDI memfasilitasi komunikasi dan pertukaran informasi antara para seniman dalang. Hal ini memungkinkan mereka untuk saling belajar, mengembangkan keahlian mereka, serta berbagi inovasi dan praktik terbaik dalam seni wayang kulit.

Selain itu, FKSDI juga berperan sebagai wadah untuk mengadvokasi kepentingan para seniman dalang. Mereka berupaya menjaga keberlanjutan seni wayang kulit dengan berbagai upaya, seperti memperjuangkan perlindungan dan pengakuan terhadap hak-hak seniman dalang, memperkuat jejaring kerja sama dengan institusi budaya, dan berpartisipasi dalam diskusi kebijakan budaya.

FKSDI juga berperan dalam mempromosikan apresiasi masyarakat terhadap seni wayang kulit. Melalui pertunjukan, festival, dan kegiatan sosial lainnya, FKSDI membawa seni wayang kulit lebih dekat dengan publik, terutama generasi muda. Mereka berusaha untuk menciptakan kesadaran akan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni wayang kulit dan mendorong minat dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan dan menghargai seni tradisional ini.

Selain itu, FKSDI juga berkolaborasi dengan lembaga budaya, pemerintah, dan organisasi terkait lainnya untuk mengorganisir pertunjukan dan acara berskala nasional maupun internasional. Melalui kerjasama ini, FKSDI berusaha meningkatkan eksposur dan apresiasi terhadap seni wayang kulit, serta memperluas jangkauan pengaruh seni ini.

Dengan adanya FKSDI, para seniman dalang di Indonesia memiliki forum yang memberikan mereka suara dan platform untuk berinteraksi, berkarya, dan memperjuangkan kepentingan mereka sebagai pelestari seni wayang kulit. FKSDI berperan penting dalam membangun solidaritas dan soliditas di antara para seniman dalang, serta menggerakkan perubahan positif dalam pelestarian dan pengembangan seni wayang kulit di Indonesia.