Tentang Kami

Dalang Wartoyo adalah seorang dalang yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Sebagai dalang, Wartoyo memiliki keahlian dalam seni tradisional wayang kulit, yang merupakan bentuk teater boneka tradisional Jawa yang menggunakan siluet kulit yang diproyeksikan ke layar putih.

Dalang Wartoyo telah mengabdikan hidupnya untuk melestarikan seni wayang kulit dan mewariskan tradisi ini kepada generasi muda. Melalui pertunjukan wayang kulit yang berbagai, ia menghidupkan karakter-karakter dalam cerita epik Ramayana dan Mahabharata, serta cerita-cerita tradisional Jawa lainnya.

Selama pertunjukan, Dalang Wartoyo tidak hanya bertindak sebagai pengendali boneka, tetapi juga sebagai narator, penyanyi, dan penari. Ia menguasai berbagai teknik dalam memainkan wayang kulit, termasuk memerankan berbagai suara dan karakter dengan keahlian yang luar biasa. Keterampilan dan keahliannya dalam mengimproviasi dan berdialog dengan karakter wayang membuat pertunjukan semakin hidup dan menghibur.

Sebagai dalang asal Boyolali, Dalang Wartoyo juga telah menjadi duta seni budaya Boyolali, memperkenalkan kekayaan seni budaya daerahnya ke berbagai acara dan pertunjukan di dalam dan luar negeri. Ia berperan penting dalam melestarikan tradisi wayang kulit Jawa dan membawa warisan budaya ini kepada khalayak yang lebih luas.

Dalang Wartoyo merupakan sosok yang dihormati dalam komunitas seni wayang kulit, dan karyanya telah memberikan kontribusi yang berharga dalam menjaga kelestarian seni tradisional Indonesia.